BAGIAN-BAGIAN GENSET YANG WAJIB DIKETAHUI PENGGUNA


Genset sebagai alat pengganti pada saat listrik mati, juga memiliki komponen-komponen yang terletak di dalamnya, serta komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Lantas, apa saja komponen yang ada pada genset beserta fungsinya. Simak penjelasannya dibawah ini :
1. Mesin / Engine merupakan komponen utama yang juga sebagai sumber energi input mekanis untuk generator. Beberapa bahan bakar pada generator yang biasa digunakan agar mesin generator dapat beroperasi yakni bensin, gas atau diesel (solar).
2. Tangki bahan, tangki bahan bakar mampu menjaga genset untuk beroperasi selama 6 jam sampai 8 jam lamanya. Namun, untuk memperlama waktu operasional genset biasanya menggunakan aplikasi yang komersial yakni tangki bahan bakar eksternal.
3. Voltage regulator, fungsinya adalah mengatur besarnya tegangan yang keluar pada generator. Komponen ini sangat penting karena jika listrik yang dihasilkan genset memiliki tegangan yang kurang stabil, tentu akan merusak alat-alat yang ada pada genset tersebut.
4. Alternator merupakan bagian dari generator yang digunakan untuk menghasilkan output listrik tersebut. Dalam alternator memiliki setor dan rotor atau biasa disebut amature merupakan komponen yang bekerja pada generator tersebut. Stasioner memiliki komponen yakni stator. Rotor atau amature merupakan komponen yang menghasilkan medan magnet pada genset untuk bergerak.
5. Exhaust cooling, jika genset Anda panas dan tidak segera dilepaskan, maka akan berdampak buruk pada generator. Bahkan dapat menyebabkan generator meledak. Karena gunanya komponen ini adalah yang berperan sebagai ventilasi untuk melepaskan panas pada genset tersebut.
6. System lubricant, untuk membuat genset mampu beroperasi dengan halus dan tahan lama adalah perlunya pelumasan.
7. Baterai, generator itu berfungsi dikarenakan adanya daya dari baterai. Jika baterai dalam kondisi rusak, tentu akan membuat generator tidak akan menyala. Pada saat beroperasi, baterai akan secara otomatis dicharge.
8. Control Panel, komponen ini merupakan user interface dari generator yang berfungsi sebgai pengontrol dan pengatur outlet listrik serta sebagai alat setting pada generator.
9. Frame / Kerangka Utama Komponen terakhir adalah pendesainan frame atau sering disebut kerangka utama. Desain pada kerangka utama ini harus memiliki grounding untuk keselamatan pengguna.
Oleh karena itu, sebelum membeli atau menggunakan genset, pengguna wajib mengetahui komponen tersebut, agar dapat mengetahui jika sewaktu-waktu genset memiliki kendala. Untuk mengetahui rental genset silahkan kunjungi https://sewatama.com/id/ untuk mendapatkan informasinya.

Komentar