7 Cara Meningkatkan Kreativitas Anak

Kreativitas Anak

Selamat malam pembaca blog dom.web.id sekalian, pada artikel kali ini saya akan membaahs mengenai cara meningkatkan kreativitas anak. Seperti yang kita ketahui anak merupakan titipan yang harus dijaga. Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mendidik, dan membesarkan anak hingga dewasa. Didikan dari orang tua juga akan mempengaruhi prilaku anak di masa mendatang. Karena itu, penting sekali untuk mendidik anak secara baik dan terarah, agar anak memiliki sikap dan prilaku yang baik pula.

Selain dari segi moral, anak juga harus dilatih untuk menjadi pribadi yang kreatif sejak kecil. Sifat kreatif atau kreativitas sendiri akan sangat berguna untuk memecahkan masalah, membuat inovasi, dan mempunyai pola pikir yang luas.

Berikut beberapa Cara Meningkatkan Kreativitas Anak.

1. Latih Imajinasi Anak
Imajinasi merupakan awal dari kreativitas. Biasanya ide kreatif muncul dari imajinasi seseorang. Karena itu, membiarkan anak berimajinasi dapat meningkatkan kreativitas dari anak itu sendiri. Ajak anak berimajinasi, seperti dengan membaca buku cerita. Atau memainkan peran seperti menjadi Dokter, Tentara, atau peran lain. Hal ini dapat melatih dan memperkuat imajinasi pada anak.

2. Berikan Anak Ruang Gerak
Saat anak sedang dalam masa tumbuh kembang, cobalah untuk membiarkanya mengeksplorasi lingkungan sekitar. Jangan memberikan larangan, selama yang dilakukan anak berada dalam batas wajar dan tidak berbahaya.
Biasanya, anak-anak memiliki rasa ingin tau yang tinggi terhadap hal baru. Membiarkan anak mengeksplorasi lingkungan, akan melatih anak menjadi pribadi yang kreatif.

3. Ajak Bermain
Permainan juga dapat membantu meningkatkan kreativitas anak. Tentunya permainan yang dimaksud bukan game digital dari gadget atau konsol, melainkan permainan yang mengutamakan aktivitas fisik.
Anda bisa mengajak anak bermain mobil-mobilan, menyusun balok, atau bermain permainan tradisional. Hal ini akan melatih kemampuan menyelesaikan masalah, sekaligus meningkatkan kreativitas pada anak.

4. Berikan Pertanyaan
Cara meningkatkan kreativitas anak selanjutnya adalah dengan memberi pertanyaan sederhana. Pertanyaan tersebut bisa memicu anak untuk berpikir, dan menyelesaikan masalah. Coba tanyakan tentang cara memainkan permainan tertentu, atau pertanyaan sederhana lainya.
Perlu diingat, meskipun jawaban anak kurang tepat, jangan ucapkan kata 'Salah' karena dapat menurunkan semangat anak.

5. Ketahui Minat Anak
Untuk melatih kreativitas anak, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu minat anak. Jika ia senang menggambar, maka cara melatih kreativitasnya adalah dengan mengajaknya membuat gambar atau lukisan. Begitupun jika anak senang olahraga, anda bisa mengajaknya bermain futsal, atau olahraga lain.

6. Latih Otak Kanan Anak
Jika otak kiri berhubungan denhan IQ (Inteligence Quotient) atau logika, otak kanan berperan penting dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient). EQ sendiri berhubungan dengan komunikasi, sosialiasi, dan kreativitas. Maka dari itu, melatih otak kanan pada anak sangat penting untuk meningkatkan kreativitasnya dimasa mendatang.

7. Jangan Dipaksa
Dalam melatih kreativitas anak, hindari paksaan. Saat anak belum menunjukan kreativitasnya, teruslah mencoba. Saat anda memaksa anak, hal tersebut akan menjadi tekanan pada anak itu sendiri. Saat dalam kondisi tertekan, biasanya anak akan malas untuk belajar.
Karena itu, tetaplah sabar dan tekun dalam melatih anak. Perlu diingat bahwa krrativitas anak tidak muncul begitu saja, dan membutuhkan proses yang cukup panjang.

Jangan lupa, saat anak berhasil melakukan sesuatu, luangkan waktu untuk melontarkan pujian. Hal ini akan menjadi motivasi, dan meningkatkan semangat belajar anak.

Demikian informasi mengenai Cara Meningkatkan Kreativitas Anak. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Busi Motor Yamaha Saat Ini

Spesifikasi dan Harga Mobil Yaris Terbaru

Sosiago Influencer Marketing