3 Alasan Mengapa Sebaiknya Bayar DP Saat Beli Mobil


Uang muka atau down payment (DP) adalah uang yang dibayarkan di awal ketika Anda membeli mobil baru maupun bekas. Fungsinya bukan hanya menunjukkan komitmen Anda, namun juga terdapat sejumlah hal lain yang ikut terpengaruh oleh besaran uang muka.

Persentase uang muka menentukan berapa nominal yang perlu dibayarkan. Sebagai contoh, mobil 200 juta dengan DP 20% mewajibkan pembeli untuk membayar sebesar 40 juta. Angka yang fantastis, bukan? Atas hal ini tidak sedikit orang yang terhambat dalam hal penyetoran uang muka.


Manfaat Membayar DP di Awal Pembelian

Membayar DP mobil baru akan menekan tingkat suku bunga dan menurunkan biaya cicilan per bulan secara keseluruhan, simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Memudahkan Persetujuan Kredit Mobil

Membayar uang muka berarti Anda menunjukkan komitmen. Ini dapat membuat pihak dealer lebih yakin untuk mempersetujui perjanjian kredit dengan Anda.

Sebaliknya, jika Anda kesulitan membayar uang muka, ada kemungkinan bahwa pihak dealer akan berpikir dua kali untuk mempersetujui perjanjian kredit. Pasalnya, mereka rentan mengalami kerugian yang lebih besar. 

Mobil yang sudah Anda pakai akan ditarik kembali jika tidak mampu memenuhi cicilan. Seperti diketahui, nilai jual mobil selalu turun dan turun, sehingga mereka yang rugi ketika menjual mobil tersebut.

Namun dengan bantuan platform beli mobil online SEVA, Anda bisa menemukan mobil terbaik berdasarkan kekuatan finansial. Hal ini memungkinkan berkat fitur andalan Instant Approval.


  1. Pengeluaran Cicilan Bulanan Lebih Rendah

Ini menjadi salah satu alasan mengapa orang lebih memilih membayar DP mobil dalam jumlah besar. Utang yang Anda miliki tentunya menjadi lebih sedikit dibandingkan jika tidak membayar DP sama sekali.

Katakanlah Anda membeli mobil baru seharga 300 juta . Anda menyetorkan uang muka sebesar 10%, yaitu 30 juta dari total harga. Sisanya dibayarkan melalui cicilan sejumlah kurang lebih 7,7 juta per bulan selama 3 tahun.

Besaran cicilan akan berbeda apabila Anda tidak melakukan pembayaran uang muka. Dengan  periode waktu yang sama, maka cicilan bulanan yang wajib dibayarkan yaitu sekitar 8,5 juta. 

Perbedaan antara keduanya cukup besar, bukan? Pada kasus ini, membayar DP akan menghemat pengeluaran sebesar 800 ribu per bulan.


Ada baiknya selalu membayar uang muka sebesar apa pun dana yang Anda miliki. Cara ini lebih ampuh dalam mengatasi biaya cicilan yang tinggi. Uang muka juga akan melindungi Anda dari ketidakmampuan melunasi cicilan akibat utang yang seiring waktu kian membesar.


Komentar