10 Kiat Menjaga Kesehatan Janin



Ketika anda sedang hamil, hal-hal yang perlu diperhatikan tidak hanya melakukan pengecekan kehamilan dengan alat-alat cek kehamilan. Tetapi anda juga perlu melakukan tindakan sehat seperti menjaga kesehatan janin itu sendiri. Dan berikut ini adalah 10 kiat yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan janin.

1. Makan Kacang-kacangan

Ketika hamil sangat disarankan bagi anda untuk memakan kacang-kacangan. Kacang-kacangan memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung banyak nutrisi penting untuk perkembangan sistem saraf bayi sekaligus juga meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Manfaat ini didapatkan dari zat kalsium, zat besi, seng dan asam folat yang terkandung di dalam kacang-kacangan.

2. Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang bukan berasal dari Indonesia. meski begitu, anda tetap bisa mendapatkannya dari supermarket atau produk tertentu. Ikan salmon sangat direkomendasikan bagi ibu hamil karena didalamnya terkandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan tubuh janin.

Tidak dipungkiri bahwa sulit bagi orang Indonesia untuk mendapatkan ikan salmon yang di bebas MSG. Jika begitu, anda bisa menggunakan pengganti alternatif selain ikan salmon dengan kandungan gizi yang hampir sama.

3. Sumber makanan zat besi

Selain kacang-kacangan, anda juga bisa mendapatkan nutrisi zat besi dari makanan lain seperti beras merah, seafood, daging sapi dan daging unggas. Makanan yang mengandung zat besi ini sangat baik bagi ibu hamil ketika memasuki usia trimester pertama kehamilan.

4. Konsumsi sayuran hijau

Ibu hamil jangan lupa untuk rutin mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena mengandung banyak serat antioksidan kalsium vitamin a potassium dan lain-lain makanan satu ini dapat membantu perkembangan janin tetap sehat

5. Produk susu

Minum susu atau sejenaknya mengandung banyak magnesium, kalsium dan vitamin. Nah, produk susu ini sangat penting bagi ibu hamil agar nutrisinya dapat memperlancar pembentukan tulang bayi. Produk susu juga bisa mempengaruhi tinggi dan berat badan bayi.

6. Hindari aktivitas berat

Ibu hamil terutama para ibu hamil muda sering dilarang untuk melakukan aktivitas berat yang bisa merugikan kondisi janin. Dan anda perlu menghindari terlalu lama berdiri. Ketika terlalu lama berdiri, maka ibu bisa menyebabkan rahim terlalu tegang. Ini bisa memicu kondisi kram akibat keguruan kehamilan.

7. Hindari produk alkohol dan minuman soda

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan bersoda segera dihentikan. Jika tetap dilakukan maka bisa mengakibatkan luka serius pada janin.

8. Hindari rokok dan asap rokok

Jika anda hamil dan ada toko online, maka manfaatkan rokok tersebut dengan aman. Rokok mengandung nikotin yang merupakan ketagihan dan racun berbahaya. Merokok sangat berbahaya mengingat ibu hamil harus terbebas dari racun-racun tersebut. Anda akan menimbulkan masalah akan.

9. Hindari stress

Ibu hamil yang sering mengalami stress berat. Karena inilah ibu hamil sering mendapatkan kondisi serius seperti lahir prematur, bayi ringan. Keguguran juga dapat terjadi jika kondisi stress yang dialami terus-terusan.

10. Hindari makanan mentah

Ibu hamil juga sangat rentan teehadap penyakit infeksi. Oleh karena itu, ada baiknya agar anda tidak mengonsumsi makanan mentah yang dapat menyebabkan infeksi. Infeksi ini datang dari parasit atau bakteri yang mampu memicu keracunan.

Itulah 10 kiat khusus untuk menjaga kesehatan kandungan anda. Biasakan hidup dan makan sehat agar janin tetap sehat dan bugar.

Komentar