LCD HP Tidak Menyala, Anda Dapat Mengatasinya Sendiri Dengan Mudah


LCD HP tidak menyala padahal kondisinya masih dalam keadaan hidup, tentu saja akan membuat anda bingung.
Lalu apa yang terjadi dengan HP yang anda miliki tersebut? Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkannya.
Dengan HP yang memiliki multifungsi sekarang ini, tentu saja anda ingin segera mengetahui apa yang menyebabkan sekaligus cara mengatasinya.
Cara Mengatasi dan Penyebab LCD HP Tidak Menyala
Di zaman sekarang yang sangat maju dalam hal teknologi ini, HP dengan menggunakan teknologi touch screen atau layar sentuh ini sudah sangat umum dan menjadi hal yang biasa di kalangan milenial khususnya.
Layar sentuh dapat menjadikan HP makin nyaman serta enak dipakai dalam banyak kegunaan selain sebagai alat komunikasi.
HP yang dibekali layar sentuh atau touch screen memang terlihat lebih elegan dan berkelas. Namun, perlu diketahui juga jika HP dengan layar sentuh mempunyai tingkat perawatan dan perhatian yang lebih. Jika tidak, maka terjadinya kerusakan pasti menjadi hal yang sangat mungkin terjadi.
Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya
Apabila anda ingin mengetahui apa yang bisa menyebabkan LCD HP tidak menyala namun HP sebenarnya masih hidup, maka anda bisa melihatnya dari beragam penyebab.
Ketika HP anda terdapat atau terjadi masalah, anda tak perlu panik untuk menghadapinya. Apalagi anda langsung memutuskan untuk membeli HP yang baru. Padahal HP yang mengalami masalah pada layar sentuh tentu masih bisa diatasi.
Hal yang biasa terjadi karena anda sering memakai HP tanpa memperdulikan kondisi atau keadaan HP tersebut. Hal ini dapat menyebabkan layar pada HP bisa mengalami blank namun masih hidup. 
Keadaan yang seperti ini adalah menandakan jika kerusakan hanya terjadi pada layar HP anda. Rusaknya layar HP juga dapat disebabkan karena terlalu lama terkena paparan sinar matahari atau juga bisa terkena air.
Selain dari penyebab di atas, ada juga beberapa yang dapat menyebabkan layar LCD HP tidak menyala sebagai berikut.
Rusak pada Dioda yang Berhubungan dengan Filter Backlight
Apabila layar LCD HP tak dapat menyala, maka ada kemungkinan rusak pada bagian dioda yang terkoneksi langsung dengan komponen yang ada pada filter backlight.

Sebagai cara dalam mengatasi kerusakan tersebut adalah dengan cara anda harus mencari komponen atau perangkat dioda tersebut. Perangkat ini berhubungan langsung terhadap fitur backlight. Maka, mencarinya pun tidak akan mengalami kesulitan.Guna mencari perangkat dioda dan mengetahui kondisinya tersebut, maka dibutuhkan sebuah alat yang dinamakan multitester.

Sama halnya dengan filter backlight, misalkan jika tidak adanya respon ketika dicek melalui alat multitester, maka perangkat dioda wajib diganti yang baru. Penggantian dari komponen dioda tersebut jauh lebih mudah dibandingkan dengan perangkat filter backlight.

Rusaknya Konektor Touch Screen
Hal yang menyebabkan layar LCD HP tidak menyala selanjutnya adalah rusaknya pada bagian konektor. Sifat yang sensitif yang konektor layar sentuh ini menjadi salah satu penyebabnya. Konektor akan mengalami gangguan jika terkena kotoran sedikit saja.
Apabila konektor layar sentuh HP anda berwarna hitam, anda bisa membersihkannya terlebih dahulu. Jika misalkan anda sudah membersihkannya namun fungsi layar sentuh belum normal seperti sedia kala, maka anda dapat melihat penyebab yang lain.
Rusaknya Filter Backlight Layar Sentuh
Penyebab berikutnya bisa terjadi akibat rusaknya filter backlight. Perangkat filter backlight ini biasanya terletak berdekatan dengan konektor layar sentuh.
Sama halnya dengan memperbaiki layar sentuh LCD. Rusaknya layar LCD HP tidak menyala akibat filter backlight, maka anda dapat mencari tahu penyebab tersebut dalam berbagai cara.
Jika warna filter backlight anda berwarna hitam, maka anda dapat membersihkannya dahulu. Kemudian anda dapat mengecek keadaan filter backlight dengan multitester. Misalkan tidak terjadi respon ketika melakukan pengecekan, maka sudah dapat dipastikan jika perangkat filter tersebut mengalami kerusakan.
Me-Re Flash HP Anda
Saat LCD HP sedang mengalami kerusakan misalkan tak menyala walaupun HP masih hidup, maka anda dapat mengatasinya dengan re-flash HP. Akan tetapi, ada akibat atau konsekuensi yang akan anda alami, yakni semua data yang ada dalam HP akan lenyap atau terhapus secara permanen.
Bawa ke Tempat Service
Apabila langkah-langkah tersebut di atas tidak dapat mengembalikan kondisi LCD HP anda seperti sedia kala, maka jalan satu-satunya anda dapat membawanya ke tempat servis HP yang terpercaya.
Hal ini kemungkinan akan terjadi pembongkaran yang dilakukan guna memperbaiki LCD HP tidak menyala tersebut.


Sumber: Harapan Rakyat

Komentar

  1. pernah nyoba ganti touchscreen sendiri, ternyata antara lcd dan ts ada lem khususnya.
    Alhasil pas buka malah ikutan pecah lcdnya. haha
    Nice artikel min.

    BalasHapus

Posting Komentar