Cara Jitu Usir Lalat Buah Dari Dapur

Lalat merupakan salah satu serangga yang cukup merepotkan di rumah, terutama di area dapur. Lalat sering kali hinggap di bahan makanan, buah, ataupun di tempat cuci piring. Padahal lalat merupakan hewan kotor yang membawa patogen. Patogen adalah mikroorganisme parasit yang berbahaya, seperti helicobacter pylori, amoeba, dan salmonella.

Mikroorganisme berbahaya yang dibawa lalat ini dapat berdampak pada kesehatan manusia. Beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan patogen ini di antaranya adalah TBC, typhoid, disentri, hingga diare. Nah, supaya dapur Anda terhindar dari lalat, beberapa cara jitu berikut ini bisa Anda coba.

Agar Dapur Bebas Dari Lalat

Menghalau lalat supaya tidak masuk ke area dapur nyatanya bisa dengan cara-cara sederhana loh. Salah satunya adalah dengan menghindarkan dapur dari faktor yang dapat mengundang lalat.

1. Menyimpan bahan makanan
Lalat yang masuk ke area dapur biasanya didominasi oleh lalat buah. Agar mereka tidak datang lagi ke dapur, Anda bisa menyimpan bahan makanan di tempat yang aman. Untuk jenis makanan yang mudah busuk, Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas. Sementara itu, jika bahan makanan Anda tempatkan di luar, Anda bisa memasukkannya ke dalam wadah berpenutup.

2. Jaga kebersihan dapur
Menjaga kebersihan dapur adalah langkah sederhana berikutnya untuk menghalau kedatangan lalat. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan saluran air di tempat pencucian piring dan tempat sampah. Biasanya tempat ini dijadikan lalat berkembang biak.

Untuk saluran air, Anda bisa menjaga kebersihannya dengan menuangkan cairan pembersih yang mempunyai kandungan klorin dan dilanjutkan dengan menyiramnya menggunakan air panas. Sedangkan untuk tempat sampah, pastikan Anda menutupnya dengan rapat supaya baunya tidak menyebar dan mengundang lalat. Anda juga bisa menyemprotkan disinfektan.

3. Amankan bahan yang mengundang lalat
Lalat biasanya datang setelah mencium aroma menyengat dan tidak sedap. Oleh karenanya, amankan bahan makanan yang mengundang lalat. Pastikan pula Anda menutup botol atau pun wadah yang ada di dapur dengan benar agar lalat tidak masuk.

4. Gunakan bumbu dapur
Siapa sangka, bumbu dapur ternyata berguna untuk mengusir lalat. Seperti dengan jahe, campuran kunyit dan garam, menggunakan bawang putih, hingga cuka apel.

Lem Lalat Sedotan untuk Usir Dapur Bebas Lalat

Selain cara-cara di atas, ada langkah mudah dan simple yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lalat buah yang datang ke dapur. Yaitu dengan menggunakan lem lalat sedotan cap Gajah. Lem lalat sedotan ini efektif untuk membasmi lalat buah di dapur Anda. 

 Lem lalat sedotan cap Gajah juga ampuh untuk mengatasi serangga lain yang dapat membawa penyakit, seperti halnya kecoa. Selain efektif, lem lalat sedotan merupakan cara yang praktis.

Komentar