6 Manfaat Penerapan Supply Chain Management bagi Perusahaan


Supply Chain Management atau Manajemen Rantai Pasokan memegang peran penting dalam bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Sebelum ada Manajemen Rantai Pasokan, perusahaan kerap kali mengalami kerugian akibat perkiraan pengiriman produk atau jasa yang tidak sesuai dengan permintaan pasar. Kehadiran Manajemen Rantai Pasokan membuat semua pihak yang terlibat dalam proses berubahnya bahan baku menjadi produk jadi dapat terhubung dengan lebih baik. Dengan begitu, proses-proses yang terdapat dalam rantai pasokan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Berikut ini akan dijelaskan tentang berbagai manfaat penerapan Manajemen Rantai Pasokan bagi bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan.
1. Menjamin Kepuasan Konsumen
Dengan adanya Manajemen Rantai Pasokan perusahaan akan lebih mudah dalam menghasilkan barang/jasa yang sesuai dengan permintaan para konsumen. Dengan begitu, konsumen pun akan merasa puas atas produk/jasa yangdihasilkan oleh perusahaan. Kepuasan konsumen merupakan hal yang sangat diprioritaskan sebab konsumen adalah pihak yang membeli atau memakai barang/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itu, kepuasan para konsumen harus tetap dijaga agar mereka tetap setia menggunakan barang/jasa yang dihasilkan.
2. meningkatkan Keuntungan
Dengan semakin banyaknya konsumen yang merasa puas atas produk/jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan, maka semakin besar pula peluang perusahaan tersebut untuk memperoleh keuntungan yang besar.
3. Menurunkan Biaya
Sebelum menerapkan Supply Chain Management, perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk pengadaan barang, produksi, ataupun untuk mendistribusikan barang/jasa. Dengan menerapkan Manajemen Rantai Pasokan, perusahaan dapat lebih mudah menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankan seluruh proses tersebut. Hal ini terjadi karena aliran produk dari perusahaan kepada para konsumen telah terintegrasi dengan baik.
4. Mengoptimalkan Aset Perusahaan
Dalam Manajemen Rantai Pasokan, teknologi memegang peranan yang begitu penting. Penggunaan teknologi dalam Manajemen Rantai Pasokan dapat mengoptimalkan aset perusahaan, salah satunya adalah karyawan. Dengan adanya teknologi dalam SCM, kinerja dari para karyawan pun bisa lebih ditingkatkan.
Dalam hal ini, biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan penyedia layanan software yang dapat membuat Manajemen Rantai Pasokan berjalan dengan lebih efektif dan efisien.
5. Mengoptimalkan Fungsi Pemasaran
Penerapan Manajemen Rantai Pasokan dapat mengoptimalkan fungsi pemasaran pada perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan bisa lebih mudah dalam memastikan bahwa semua barang yang dipasok telah sesuai dengan aspirasi atau keinginan para pelanggan atau konsumen akhir. Selain itu, perusahaan akan lebih mudah mengidentifikasi produk yang diharapkan oleh pasar. Dengan begitu, fungsi pemasaran dalam perusahaan bisa lebih dioptimalkan.
6. Meningkatkan Daya Saing
Saat ini persaingan bisnis tak hanya terjadi antar perusahaan saja, namun antar rantai pasokan. Karena itulah, dengan adanya penerapan Manajemen Rantai Pasokan yang baik membuat daya saing perusahaan tersebut bisa lebih ditingkatkan.
Itulah beberapa manfaat penerapan Supply Chain Management bagi sebuah perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar