4 Tips Memilih Perlengkapan Mandi Bayi yang Aman dan Nyaman


Perlengkapan mandi bayi menjadi salah satu daftar yang harus disiapkan. Mandi ini merupakan kegiatan sehari-hari baby untuk membuat kulit tubuhnya tetap sehat dan segar. Setelah tali pusat puput atau terlepas dari pusar, baby akan rutin dimandikan berbeda saat tali pusat tersebut belum puput dimana baby hanya perlu di lap dengan menggunakan waslap dan juga air hangat saja karena rentan basah kemudian menimbulkan infeksi.
Agar kegiatan memandikan baby ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan diperlukan beberapa perlengkapan mandi baby yang tidak hanya lengkap namun juga aman dan nyaman untuk baby. Ada beberapa tips yang bisa moms lakukan untuk mendapatkan perlengkapan mandi bayi yang aman dan nyaman seperti berikut ini:
Handuk
Handuk ini menjadi salah satu daftar perlengkapan mandi bayi yang harus ada. Handuk tersebut hanya boleh digunakan untuk baby dan tidak boleh digunakan oleh anggota keluarga lainnya. Agar tidak terkena penyakit kulit masing-masing anggota keluarga harus memiliki handuk sendiri-sendiri. Dalam memilih handuk baby ini penting bagi moms untuk memilih yang memiliki permukaan halus dan tidak kasar karena jika bahan handuk tersebut akan membuat baby mengalami iritasi dan lecet.
Bak Mandi
Perlengkapan mandi yang bisa moms siapkan selanjutnya adalah bak mandi. Bak mandi ini menjadi perlengkapan yang paling utama untuk memandikan baby. Pilihlah bak mandi yang kuat, awet, dan juga nyaman. Perhatikan pula kedalaman bak mandi dan usahakan jangan yang terlalu dalam. Pilih bak mandi dengan bentuknya memang di desain untuk baby. Jangan memandikan baby dengan bak air biasa karena tidak nyaman. Hal yang penting untuk moms perhatikan dalam memilih bak mandi adalah pastikan yang warnanya tidak luntur karena ditakutkan akan mengganggu kesehatan kulit baby. Supaya baby tidak tersedak penting bagi moms untuk memilih bak mandi yang memiliki sandaran.
Produk Baby
Penting untuk memperhatikan adalah produk baby yang digunakan. Tidak semua produk aman sehingga harus selektif. Baby membutuhkan sabun, baby oil, dan juga shampoo yang diformulasikan untuk baby. Jangan memberikan produk untuk orang dewasa karena tidak bagus untuk baby, selain itu beli di tempat yang terpercaya agar moms bisa mendapatkan produk khusus baby yang asli. Saat ini banyak produk palsu khusus baby yang berkeliaran dimana produk tersebut akan menyebabkan baby mengalami masalah kulit bahkan ke depannya menyebabkan kanker karena terbuat dari zat kimia berbahaya.
Bedak Baby
Bedak menjadi perlengkapan baby sehabis mandi yang juga sangat penting untuk disiapkan. Bedak yang bisa moms pilih adalah tabur maupun liquid yang mana bisa disesuaikan dengan kondisi kulit baby, jika mengalami alergi moms bisa memilih yang hypoallergenic yang tidak menimbulkan alergi.
Demikianlah tips memilih perlengkapan mandi bayi yang aman dan nyaman yang penting untuk moms ketahui, semoga informasi ini bermanfaat ya moms.

Komentar