Inilah Beberapa Khasiat Teh Hijau yang Perlu Anda Ketahui

khasiat teh hijau

Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Bahkan karena kepopulerannya di beberapa negara seperti china, jepang dan beberapa negara lainnya minum teh sudah menjadi bagian dari tradisi dan budaya mereka. Adapun jenis teh yang diminum juga sangat beragam mulai dari teh hitam, teh oolong, teh hijau dan lain sebagainya. Di antara beberapa jenis teh tersebut teh hijau merupakan salah satu yang cukup populer. Bahkan di jepang teh hijau merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi. Kepopuleran teh hijau ini tentunya tidak terlepas dari sejumlah faktor. Salah satu faktor penyebab populernya teh hijua ini adalah banyaknya khasiat teh hijau untuk kesehatan.

Adapun khasiat yang dimiliki teh hijau tersebut beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan Berat Badan
Memiliki berat badan yang ideal merupakan hal yang diinginkan sebagian orang. Karena itu jika seseorang kelebihan berat badan mereka biasanya berusaha untuk menurunkannya dengan berbagai upaya. Dan salah satu metode aman dan mudah untuk dilakukan dalam menurunkan berat badan adalah dengan meminum teh hijau. Hal ini karena teh hijau memiliki kalori yang rendah. Selain itu kandungan vitamin essensial yang ada pada teh hijau juga dipercaya banyak orang bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme tubuh ini tentunya diikuti dengan meningkatnya pembakaran lemak untuk diubah menjadi energi. Jadi secara tidak langsung teh hijau ini bisa dibilang membantu proses pembakaran lemak sehingga berat badan turun. Tentunya untuk mendapatkan berat badan yang ideal tersebut juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur dan pola makan yang tepat.

2.  Menurunkan Kadar Kolesterol
Low-density lipoprotein atau orang sering menyebutnya sebagai kolesterol "jahat" yang menumpuk pada dinding arteri bisa menjadikan arteri tersebut keras dan sempit sehingga aliran darah tersumbat dan tidak lancar yang bisa meningkatkan resiko terkena serangan stroke. Karena begitu bahayanya kolesterol jahat tersebut maka berbagai upaya dilakukan untuk menurunkan kadarnya, salah satunya dengan minum teh hijau. Menurut Western University of Health Sciences, California meminum teh hijau dengan takaran tertentu bisa menurunkan kadar kolesterol dengan optimal.

3. Melawan Sel kanker
Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan kandungan polifenol pada teh hijau yang bersifat anti oksidan bisa membatu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

4. Sebagai Sarana Relaksasi
Mengonsumsi teh hijau ternyata juga bisa membantu kita untuk lebih rileks. Hal ini karena teh hijau mengandung theanin yang akan memberi efek menenangkan. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang optimal air yang digunakan untuk menyeduh teh tersebut suhunya harus pas, tidak terlau panas dan tidak terlalu dingin.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan anti oksidan epigallocatechin gallate (EGCG) memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Di mana anti oksidan tersebut mampu menjaga kulit agar sehat saat terkena sinar ultra violet dari matahari.

Meskipun teh hijau memiliki cukup banyak khasiat dan manfaat akan tetapi mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak juga bukanlah hal yang baik Hal ini karena adanya beberapa efek samping yang bisa timbul jika kita terlau banyak mengonsumsi teh. Beberapa efek samping ini misalnya adalah kelebihan kafein, gangguan penyerapan zat besi atau bahkan bisa juga menyebabkan gangguan medis lainnya. Saat meminum teh hijau selain memperhatikan jumlahnya kita sebaiknya juga jangan mencampur teh hijau tersebut dengan susu karena bisa menurukankan daya serap usus.

Komentar