Harga Busi Motor Yamaha Saat Ini

harga busi motor

Meskipun harga busi motor bisa dibilang cukup murah jika dibandingkan dengan beberapa jenis komponen sepeda motor lainnya namun busi merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Busi yang rusak atau tidak berfungsi, adalah salah satu penyebab motor mogok. Hal ini dikarenakan, busi adalah semacam 'pemantik' untuk memicu pembakaran pada bahan bakar motor.

Saat busi anda bermasalah, maka pembakaran dalam mesin tidak dapat dilakukan. Otomatis, sepeda motor anda juga tidak bisa bergerak.

Karena itu, merawat busi sangat penting untuk dilakukan. Tujuanya, agar busi tetap berfungsi secara optimal, dan meminimalisir kerusakan. Disarankan untuk mengganti busi saat pemakaian mencapai 30.000 KM.

Selain itu, gunakan busi yang sesuai dengan brand sepeda motor yang anda pakai. Jika anda menggunakan sepeda motor Honda, maka pilihlah busi dari Honda. Begitupun jika anda pengguna Yamaha atau brand lain, pilihlah busi resmi dari brand tersebut.

Yamaha sendiri merupakan salah satu brand otomotif ternama asal Jepang. Produk Yamaha telah dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Kualitas produk dari Yamaha juga tidak diragukan lagi, dan dapat diterima di masyarakat.

Untuk anda pengguna sepeda motor, khususnya Yamaha yang hendak membeli busi, berikut saya bagikan informasi mengenai Harga Busi Motor Yamaha.

Busi Yamaha Mio J - Rp. 12.400
Busi Yamaha Mio GT - Rp. 12.400
Busi Yamaha Vixon - Rp. 12.000
Busi Yamaha Vega ZR - Rp. 11.500
Busi Yamaha Fiz R - Rp. 11.500
Busi Yamaha Soul GT - Rp. 12.400
Busi Yamaha Nouvo - Rp. 12.000
Busi Yamaha RX-King - Rp. 12.500
Busi Yamaha Jupiter - Rp. 12.000
Busi Yamaha Scorpio - Rp. 11.500
Busi Yamaha RX-Z - Rp. 11.000
Busi Yamaha RXS - Rp. 11.000

Catatan : Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Ada beberapa jenis busi, yang biasa digunakan pada kendaraan khususnya di Indonesia.

Busi Standar
Sesuai namanya, busi jenis ini merupakan komponen bawaan dari pabrik sepeda motor itu sendiri. Busi standar umumnya bisa digunakan hingga 20.000 KM perjalanan.

Busi Racing
Busi jenis ini tahan terhadap temperatur/suhu dan kompresi tinggi. Sehingga sangat cocok digunakan pada motor balap. Busi racing memiliki diameter center elektroda yang kecil dan runcing.
Kelemahanya, busi jenis ini memiliki masa penggunaan yang relatif pendek.

Busi Iridium
Ujung elektroda pada busi ini terbuat dara bahan nikel, sedangkan center elektrodanya terbuat dari bahan iridum aloy. Busi ini memiliki masa pakai yang cukup panjang, sekitar 50.000 - 70.000 KM.
Busi iridium cocok digunakan pada kendaraan dengan mesin besar, biasanya diatas 150 cc.

Busi Resistor
Busi resistor berfungsi mencegah lonjakan elektromagnetik pada kelistrikan sepeda motor. Sehingga, komponen kelistrikan sepeda motor anda akan lebih awet dan terjaga. Busi resistor sangat cocok digunakan pada kendaraan yang sudah terpasang on board unit dan System ECU.

Busi Platinum
Terakhir, ada busi platinum. Busi jenis ini memiliki diamenter center elektroda kira-kira 0,5 - 0,8 mm. Sesuai namanya, center elektroda pada busi ini terbuat dari bahan platinum. Sedangkan pada ujung center elektrodanya terbuat dari bahan nikel.
Busi ini cocok untuk perjalanan jaraka jauh, karena bisa bertahan hingga 30.000 KM.

Demikian informasi mengenai Daftar Harga Busi Yamaha, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi dan Harga Mobil Yaris Terbaru

Sosiago Influencer Marketing